January 14, 2016

30 Game Paling Wajib Ditunggu di Tahun 2016 (Part 1)

30 Game Paling Wajib Ditunggu di Tahun 2016(Part 1)


Tahun 2015 telah berakhir dan tahun 2016 sudah berlangsung selama 2 minggu. Tahun lalu bisa dibilang merupakan tahun yang sangat besar untuk urusan membangun mimpi kita. Mulai dari kontroversi dan akhir yang indah untuk kasus Hideo Kojima, sampai ke pengumuman Final Fantasy VII Remake danShenmue III.
Dari berbagai berita menarik yang ada di tahun 2016, tentunya akan ada puluhan di antara game tersebut yang wajib untuk dimainkan selama tahun 2016. Untuk membantu kamu menentukan pilihan, saya telah memilih tiga puluh buah game yang rencananya akan rilis di tahun 2016.
Hari ini saya sajikan dulu sepuluh dari seluruh game yang telah saya pilih. Jika penasaran dengan sisanya, pastikan kamu tetap mengunjungi karenalupaku setiap hari. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah daftar game yang wajib dinantikan di tahun 2016.

The Witness

The Witness | Featured
Developer: Thekla Inc. | Penerbit: Thekla Inc.
Platform: PC, PS4, iOS
Tanggal Rilis: 26 Januari 2016 (PC dan PS4)
Arya W. Wibowo – The Witness menjadi salah satu game indie yang pantas kamu tunggu karena selain memiliki visual yang indah, game ini adalah hasil karya dari Jonathan Blow, sang kreator game Braid yang fenomenal. The Witness adalah sebuah game puzzle dengan lingkungan open-world, di mana kamu bisa bereksplorasi sembari memecahkan berbagai puzzle yang tersedia.
Game yang memiliki sudut pandang orang pertama ini menyediakan sekitar 650 puzzle. Kamu dapat memecahkan semua puzzle yang ada, walaupun hal tersebut tidak wajib dilakukan untuk menamatkan game. Blow mengatakan bahwa puzzle yang tersedia akan dihadirkan sebisa mungkin tanpa menggunakan instruksi.
The Witness akan rilis pada bulan ini dengan berbagai pilihan bahasa (teks), salah satunya adalah bahasa Indonesia. Apakah The Witness mampu menghadirkan gameplay dan visual yang memukau sesuai harapan dan juga teks Indonesia yang nyaman dibaca? Mari kita tunggu sebentar lagi!

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4

Naruto Shippuden Ultimate Ninja Storm 4 | Screenshot2
Developer: CyberConnect2 | Penerbit: Bandai Namco Entertainment
Platform: PS4, Xbox One, PC
Tanggal Rilis: 4 Februari 2016
Mohammad Fahmi – Saya selalu menganggap fakta bahwa CyberConnect2 terjebak mengerjakan game Naruto sangatlah disayangkan, karena mereka merupakan tim yang jika diberi kebebasan mengembangkan IP sendiri dengan bujet sebesar Naruto, tentu hasilnya akan sangat menarik. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri berbagai game Naruto yang dikembangkan oleh CyberConnect2 terlihat sangat fantastis, tidak terkecuali Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 yang akan dirilis bulan depan.
Game Naruto terbaru ini akan merangkum seluruh cerita Naruto, termasuk ending dan kejadian sesudah endingdari komik Naruto. Dari screenshot yang telah kami tampilkan di berbagai pembahasan, tampak bahwa Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4 memiliki efek visual yang luar biasa. Seandainya kamu tidak bisa menikmatigameplay pada game ini sekalipun, dijamin kamu akan menikmati grafisnya.

XCOM 2

Screenshot XCOM 2
Developer: Firaxis Games | Penerbit: 2K Games
Platform: PC, Mac, Linux
Tanggal Rilis: 5 Februari 2016
Audi Eka Prasetyo – Saya bukanlah pemain XCOM versi klasik yang mendapatkan review luar biasa positif pada masanya. Pengalaman pertama saya berkenalan dengan seri ini adalah melalui XCOM: Enemy Within di tahun 2013, dan game tersebut mampu membuat saya duduk di depan komputer selama puluhan jam. Oleh karena itu tidak heran kalau XCOM 2 akan menjadi game yang sangat saya nantikan tahun ini.
XCOM 2 adalah sekuel dari XCOM: Enemy UnknownGame ini mengambil latar waktu dua puluh tahun setelah invasi makhluk asing yang menguasai dan menjadi pemerintah di bumi. Sempat bersembunyi selama dua dekade, skuad XCOM kembali muncul untuk memperjuangkan kemerdekaan manusia di bumi.
Sebagai developer, Firaxis Games menawarkan banyak hal-hal baru di XCOM 2. Kamu akan melihat beberapa jenis musuh baru seperti ADVENT, organisasi manusia yang berkolaborasi dengan alien, dan tipe alien baru dengan kekuatan dan kecepatan yang mematikan yaitu Viper.
XCOM 2 juga memperkenalkan dua kelas baru, yaitu Grenadier yang mampu menggunakan grenade launcherdan Ranger yang dapat menebas para alien dengan pedangnya. Saya ulangi sekali lagi, menebas alien dengan pedang. Rasanya tidak sabar menunggu 5 Februari 2016 untuk merasakan aksi tidak terbatas yang akan diberikan oleh XCOM 2 ini.

Firewatch

Firewatch | Screenshot (4)
Developer: Campo Santo | Penerbit: Panic
Platform: PC, Mac, Linux, PS4
Tanggal Rilis: 9 Februari 2016
Mohammad Fahmi – Firewatch adalah sebuah game indie yang telah saya nantikan kehadirannya sejak pertama kali tim developernya dibentuk. Game ini lahir dari buah tangan orang-orang yang populer di dunia desain grafis, penulis The Walking Dead season pertama, serta desainer game Mark of the Ninja.
Dalam game ini kamu akan berperan sebagai seorang penjaga hutan yang mengalami kejadian-kejadian aneh, misterius, dan juga terkesan cukup sureal. Satu-satunya penghubung kamu dengan dunia luar adalah sebuah walkie talkie yang menghubungkan kamu dengan seorang kerabatmu di luar sana. Apa yang kamu lakukan akan memengaruhi penilaiannya terhadap dirimu, dan semua ini disampaikan melalui dialog yang merupakan salah satu elemen utama game.
Jika kamu suka game yang menitikberatkan pada unsur narasi dan eksplorasi, Firewatch jelas bukan sebuahgame yang boleh dilewatkan. Tidak lupa juga, game ini memiliki kualitas visual yang fantastis lo.

Unravel

Unravel | Screenshot
Developer: ColdWood Interactive | Penerbit: Electronic Arts
Platform: PC, PS4, Xbox One
Tanggal Rilis: 9 Februari 2016
Mohammad Fahmi – Unravel merupakan salah satu kejutan terbaik dari E3 2015. Bedanya, kejutan ini muncul dalam wujud yang lebih jujur dan rendah hati. Kenapa saya bisa berkata begitu? Siapa sangka Electronic Arts yang terkenal sebagai salah satu perusahaan game paling jahat mau mendukung developerindie yang menunjukkan ketulusan begitu besar kepada game buatannya dari cara presentasi yang terbata-terbata.
Unravel akan menyajikan kisah tentang sebuah boneka rajutan di alam yang liarGame ini hadir dengan grafis semi-realistis yang tampak sangat indah. Firasat saya Unravel akan memiliki kisah yang sangat menyentuh, tapi untuk tahu jawabannya, mari kita tunggu sampai 9 Februari mendatang.

Street Fighter V

Street Fighter V | Screenshot
Developer: Capcom | Penerbit: Capcom
Platform: PC, PS4
Tanggal Rilis: 16 Februari 2016
Iqbal Kurniawan – Masa penantian para penggemar Street Fighter akan segera berakhir. Setelah diperkenalkan pertama kali pada ajang PlayStation Experience tahun 2014 silamStreet Fighter V rencananya akan dirilis untuk PC dan PS4 pada bulan Februari mendatang. Capcom belum berencana untuk merilis gameini di platform lainnya karena kerja sama eksklusif yang mereka jalin bersama dengan Sony.
Selain beberapa karakter anyar di antara 22 karakter yang telah diperkenalkan sejauh ini, Street Fighter V juga menghadirkan mekanisme pertarungan baru melalui penggunaan sistem V-Gauge. Kehadiran meteran tambahan selain EX-Gauge ini memberikan efek unik kepada masing-masing karakter melalui kemampuan yang dikenal dengan V-Skill, V-Reversal, dan V-Trigger.
V-Skill merupakan skill unik yang dimiliki masing-masing karakter, seperti Ryu yang dapat melakukan parryterhadap serangan musuh, atau M. Bison yang dapat mementalkan proyektil. V-Reversal merupakan kemampuan yang membutuhkan sebagian meteran V-Gauge untuk langsung menyerang balik saat terkena pukulan musuh. Sedangkan V-Trigger memberikan kemampuan spesial yang berbeda untuk setiap karakter, seperti menambah jumlah hit dari pukulan Chun-Li, atau efek api di dari serangan dasar Ken.
Street Fighter V juga menghadirkan enam karakter yang tidak langsung bisa diakses saat game dirilis nanti. Keenam karakter tersebut bisa diperoleh dengan membeli season pass, atau ditebus menggunakan in-game currency yang diperoleh dengan bermain Street Fighter V secara terus-menerus. Walau sistem seperti ini baru diperkenalkan kali ini, namun kualitas Street Fighter V sebagai penerus legenda Street Fighter jelas tidak perlu diragukan lagi.

Far Cry Primal

FarCry primal | screenshot
Developer: Ubisoft Montreal | Penerbit: Ubisoft
Platform: PS4, Xbox One, PC
Tanggal Rilis: 23 Februari 2016
Risky Maulana – Far Cry Primal merupakan salah satu dari sekian game shooter yang mencoba berinovasi dengan pendekatan yang sangat berbeda untuk tahun 2016. Yep, di saat sejumlah game shooter ramai-ramai memperkenalkan aksi pertempuran futuristik yang cepat dengan persenjataan yang canggih, spin-off dari serial game Far Cry ini justru muncul dengan tema yang cukup menarik, yakni menjadi anggota suku pedalaman primitif di zaman purbakala yang dingin dan keras.
Meski kejutan dari diumumkannya Far Cry Primal di tahun kemarin digagalkan oleh ulah awak media IGN Turki, tapi saya akui bahwa Ubisoft cukup berhasil memukau saya dengan pengambilan nuansa Far Cry Primalyang sama sekali tidak biasa untuk ukuran game shooter.
Entah, apakah Ubisoft terinspirasi dengan fenomena game Early Access bertema survival semacam Rust atau tidak, yang jelas faktor fun sebagai sang manusia purba pengendali hewan dari negeri Oros akan menjadi hiburan menarik yang sangat saya nantikan tahun ini.

Hitman

Hitman 2016
Developer: IO Interactive | Penerbit: Square Enix
Platform: PS4, Xbox One, PC
Tanggal Rilis: 11 Maret 2016
Audi Eka Prasetyo – Hitman adalah proyek ambisius dari sang developer, IO Interactive, dan penerbitnya yaitu Square Enix. Mereka kembali mengusung gameplay seperti yang terdapat pada instalasi sebelumnya, yaitu Hitman: Blood Money. Artinya, kamu dapat membunuh target dengan cara sekreatif mungkin dan memanfaatkan segala macam situasi yang ada untuk membantu kamu.
Dari video trailer yang dipertontonkan di ajang E3 2015, kamu yang berperan sebagai Agent 47 akan diberikan sebuah panggung yang sangat besar dan dinamis. Square Enix mengatakan bahwa setiap stage yang ada dalam Hitman berukuran enam hingga tujuh kali lebih besar dari setiap stage pada Hitman: Absolution.
Panggung tersebut merupakan sebuah pertunjukkan, di mana kamu merupakan sang sutradara yang memiliki kontrol penuh dalam mengatur bagaimana jalan ceritanya. Kamu dapat membunuh target dengan cepat dan diam-diam menggunakan senapan jarak jauh, mengambil langkah berani menggunakan peledak atau senjata jarak dekat, atau membuatnya seolah-olah seperti kecelakaan.
Tidak sampai di situ, setiap NPC atau elemen yang ada di setiap stage dapat memberikan kamu informasi tambahan mengenai sang target. Misalnya, kamu dapat menguping percakapan dua orang NPC untuk mengetahui posisi sang target saat ini, bahkan agendanya selama beberapa menit ke depan. Hitman dapat menjadi sebuah game stealth yang sangat dinamis dan penuh aksi.

Dark Souls III

Dark Souls III | Screenshot2
Developer: From Software | Penerbit: Bandai Namco Entertainment
Platform: PC, PS4, Xbox One
Tanggal Rilis: 12 April 2016
Kevin Sutanto – Sudah siap untuk mati kembali? Jika demikian, maka Dark Souls III pastinya sudah menjadigame yang kamu incar pada tahun 2016 ini. Seri ketiga dari game yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dan perangkap yang bisa membuatmu kesal itu akan segera hadir pada 12 April 2016.
Kamu akan kembali berkelana dalam dunia medieval kelam yang dipenuhi musuh mematikan, naga, monster, perangkap, dan hal-hal berbahaya lainnya yang sulit untuk diprediksi. Sistem bonfire yang baru serta cara bertarung yang sudah dikembangkan lebih lanjut juga bisa menjadi daya tarik untuk para penggemar lama. Berkat hadirnya game ini di console generasi baru, kamu juga bisa mengharapkan tampilan dan gaya visual yang memukau.
Dark Souls III mungkin memang bukan game untuk semua orang, tapi bagi mereka yang tahu kenikmatan sejati setelah mengalahkan musuh yang sudah menghancurkanmu berkali-kali, maka Dark Souls III adalah sebuah game yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Uncharted 4: A Thief’s End

Uncharted 4 Nate and Sam | Screenshot
Developer: Naughty Dog | Penerbit: Sony Computer Entertainment
Platform: PS4
Tanggal Rilis: 26 April 2016
Iqbal Kurniawan – Setelah menuai kesuksesan serta mendulang berbagai penghargaan melalui trilogiUncharted sebelumnya, Naughty Dog berencana menutup kisah petualangan Nathan Drake melalui iterasi keempatnya yang akan dirilis secara eksklusif untuk PS4. Uncharted 4: A Thief’s End akan menghadirkan kisah antara sang protagonis utama serta pertemuannya kembali dengan kakaknya yang hilang.
Naughty Dog menyebut bahwa petualangan Nathan Drake kali ini sebagai yang terakbar dari yang pernah ada, di mana ia akan diuji kesiapannya berkorban demi menyelamatkan orang yang ia kasihi. Tidak hanya dari segi narasi saja, kualitas grafis yang dipamerkan pertama kali pada ajang E3 2015 pun sukses membuat orang terkagum-kagum.
Selain kualitas grafis dan gameplay yang tampak semakin brilian, Uncharted 4: A Thief’s End juga akan menghadirkan opsi percakapan di dalam narasinya, serta mode multiplayer online dengan beragam senjata artefak yang memiliki efek unik seperti melambatkan jalannya waktu hingga mempercepat pergerakan karakter secepat kilat. Game ini merupakan salah satu koleksi wajib untuk para pemilik PS4.

Bagaimana, apakah kamu cukup puas dengan daftar di atas? Jika belum, jangan khawatir karena besok saya akan tampilkan bagian keduanya! Kunjungi karenalupaku supaya tidak kelewatan. Oh iya, ceritakan juga game yang paling kamu nantikan melalui kolom komentar di bawah ya.
part 2 sudah tersedia jika ingin membaca klik di sini

Gimana pendapat kalian..
Share dibawah :)